CERITA BARU KURA - KURA DAN KANCIL ( MOTIVASI )





Suatu hari kura-kura dan kancil berdebat tentang siapa yang lebih cepat, dan mereka menyetujui jalur tertentu untuk bertanding. Setelah sepakat perlombaanpun di mulai, sang kancil melesat dengan cepat dan setelah merasa jauh melampaui kura-kura dia berhenti sejenak di bawah pohon untuk beristirahat sebelum memulai kembali perlombaannya. Sang kancil duduk di bawah pohon sambil melihat jika kura-kura mulai kelihatan maka dia akan memulai berlari lagi, tapi celakanya sang kancil tertidur. Dan kura-kura berhasil berbalik melampaui sang kancil sehingga kura-kura keluar sebagai juara. Sang kancil terbangun dan mendapati dirinya kalah dalam perlombaan tersebut karena lengah.


″ Maksud cerita ini adalah mereka yang lambat apabila konsisten akan dapat memenangkan pertandingan ″

Ini adalah cerita biasa yang sering kita dengar sejak kecil dan bahkan sekarang juga difilmkan kartun serial ” Upin & Ipin”.

Pada artikel ini penulis akan berbagi cerita lanjutan dari “Sang Kancil”, dengan versi motivasi yang tentunya lebih menarik hehehe…!!!

“Ok langsung saja, sang kancil sangat kecewa dengan kekalahanya dan kemudian melakukan analisa penyebabnya. Dia sadar bahwa dia kalah karena terlampau percaya diri, kurang hati-hati dan lengah. Kalau saja dia lebih waspada maka tidaklah mungkin kura-kura bisa mengalahkanya. Setelah sang kancil menganalisa dan mencari ide baru lalu ditantangnya lagi kura-kura tersebut untuk melakukan lomba ulang yang disetujui oleh kura-kura .Dan kali ini, sang kancil menang telak karena dia berlari tanpa henti dari Start hingga Finish.

Maksud dari cerita ini adalah ” Cepat dan konsisten akan mengalahkan yang lambat dan konsisten.” Kalau ada dua orang di perusahaan yang satu lambat, walaupun memakai metode dan handal, sedangkan yang satu lagi cepat dan handal, maka yang cepat dan handal akan perpotensi maju lebih cepat atau boleh di bilang cepat naik jabatan. ” Lambat asal Konsisten itu bagus akan tetapi lebih bagus lagi kalau Cepat dan Konsisten.

Cerita tidak sampai di sini, kali ini sang kura-kura kini mulai berfikir dan sadar bahwa tidaklah mungkin menang berlomba dengan kancil pada jalur seperti yang lalu. Setelah berfikir keras kali ini kura-kura menantang sang kancil untuk berlomba lagi pada jalur yang berbeda, dan kancil pun setuju. Mereka mulia berpacu dan sang kancil berlari dengan cepat tanpa henti sampai akhirnya terpaksa berhenti di tepi sungai, karena harus menyeberang, rupanya garis finishnya terletak beberapa ratus meter setelah tepi di seberang sungai. Sang kancil bingung harus berbuat apa…..?, dan tak lama kemudian muncul kura-kura menyusul dengan santainya menyeberang sampai ke garis finish dan memenangkan pertandingan.

Maksud cerita ini adalah : ” Pertama, temukan kekuatan utama anda kemudian carilah tempat bertanding yang sesuai dengan kekuatan utama anda.”

Di perusahaan kalau anda pandai berbicara dan berdiplomasi carilah kesempatan untuk bisa berpresentasi, sehingga pimpinan anda bisa melihat kemampuan anda. Dan kalau kemampuan anda menganalisis, carilah pekerjaan yang membutuhkan kemampuan analisis. Kalu kekuatanmu adalah mengorganisir carilah pekerjaan yang berperan dalam mengorganisir suatu kegiatan penting, agar perusahaan tahu bahwa anda mungkin pantas menjadi Manager. Bekerja pada kekuatanmu bukan hanya menunjukkan kehebatanmu akan tetapi juga menciptakan kesempatan maju dan berkembang.

“Cerita masih lanjut…!, kali ini sang kancil dan kura-kura menjadi bersahabat dan mulai memikirkan solusi masalah bersama-sama. Keduanya sadar bahwa lomba yang terakhir bisa dilakukan dengan jauh lebih baik. Jadi mereka memutuskan melakukan perlombaan lagi, cuma kali ini mereka berlari dalam satu team. Mereka mulai berlari…. mula-mula sang kancil menggendong kura-kura sampai ke tepi sungai, kemudian berganti kura-kura yang menggendong kancil untuk menyeberangi sungai. Setelah sampai seberang sungai, berganti kembali sang kancil menggendong kura-kura sampai finish. Keduanya merasa puas karena berhasil tiba dengan waktu yang jauh lebih cepat dari lomba-lomba sebelumnya.

Maksud cerita ini adalah : ” Bagus menjadi orang brilian dan mempunyai kekuatan utama, akan tetapi tanpa bisa bekerja sama dalam satu team dan menjalin dengan masing-masing kekuatan utama hasilnya tidak akan maksimal karena selalu ada situasi dimana anda bekinerja kurang pada suatu bidang sedang rekan lainnya lebih baik. Kerjasama adalah masalah kepemimpinan yang sesuai dengan situasi, yaitu dengan memberikan kesempatan kepada seseorang yang mempunyai kemampuan inti yang sesuai dengan situasi mengambil alih kepemimpinan.

Yang bisa dipelajari dari sini yaitu catat bahwa baik kancil maupun kura-kura tidak pernah menyerah setelah mengalami kegagalan. Bahkan sang kancil bekerja lebih keras setelah kegagalanya, sedangkan kura-kura merubah setrateginya karena dia sudah berusaha sekuat tenaga. Dalam hidup, kalau kita menghadapi kegagalan terkadang bisa diatasi dengan bekerja lebih keras dan menambah usaha. Bisa juga dengan merubah setrategi dengan melakukan sesuatu yang berbeda namun tetap positif, terkadang lagi bisa lebih cocok melakukan keduanya. Selanjutnya yang bisa di pelajari kalau kita berhenti berkompetisi dengan saingan kita, lalu mulai berkompetisi dengan situasi, kita akan bisa menyelesaikan pekerjaan jauh lebih baik lagi.

Ringkasan cerita ini mengajarkan kita banyak hal, kira-kira sebagai berikut :
  • Bahwa cepat dan konsisten akan selalu lebih baik dari pada lambat dan konsisten.
  • Ambilah pekerjaan yang perannya sesuai dengan kekuatan utama/skill anda.
  • Kumpulan kekuatan dalam kerja team akan selalu bisa mengalahkan jagoan kerja individu.
  • Jangan menyerah dengan kegagalan.
  • Dan akhirnya bersainglah melawan situasi, jangan melawan pesaing.

Kembali ke kita masing - masing memang ada kalanya kita membutuhkan semangat yang menggebu - ngebu untuk merangsang semangat kita dengan anggapan seolah besok sudah tidak ada kesempatan untuk yang kita inginkan, tapi disisi lain kita harus berfikir cerdas dan sabar untuk mengimbangai nafsu dan semangat yang menggebu - gebu dengan plaining/rencana yang terukur untuk mengurangi seminimal mungkin faktor kegagalan atas kenginginan kita dalam berusaha baik level kompetisi maupun team work. Seperti halnya cuplikan cerita yang saya tulis ini, kadang anda akan berfikir "ah... teoriiii hehehe...!, tapi ngak ada salahnya coba kita terapkan pada sedikit cuplikan hidup kita. Toh yang Maha Kuasa juga berujar/berkata tidak akan merubah nasip suatu kaum/insan jika mereka sendiri tidak mau berikhtiar/berusaha merubah nasibnya sendiri, oke go sukses untuk kita semua...!

” SEMOGA BERMANFAAT DAN SEMANGAT KERJA…..!”
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment

0 komentar:

Posting Komentar