FUEL SYSTEM
Adalah system
pada engine yang bekerja mengalirkan dan mensuplai bahan bakar dari
tanki fuel ke ruang bakar dengan cara dikabutkan agar mempermudah
terjadinya proses pembakaran. Sistem penyaluran bahan bakar setiap
engine pada dasarnya sama, tapi dengan kebutuhan dan fungsi yang
berbeda, sehingga terdapat dua macam cara untuk menyalurkan bahan bakar
pada engine diesel :
A. Mengunakan Nozzle.
B. Menggunakan Injector.
A. MENGGUNAKAN NOZZLE.
Sistem bahan bakar pada engine aplikasi nozzle terdiri atas komponen utama :
1. Tangki bahan bakar ( fungsinya menampung fuel juga bisa sebagai pendingin )
2. Pompa aliran ( feed pump ).
3. Saringan bahan bakar( filter ).
4. Pompa injeksi bahan bakar( FIP ).
5.Penyemprot bahan bakar( injection nozzle).
1. Feed Pump ( Variable Delivery Type ).
Fungsinya adalah : Mensupply bahan bakar ke pompa bahan bakar dengan
tekanan rendah yaitu berkisar 1.2 -2.6 kg/cm2. Bersama - sama dengan
pompa priming mensupply bahan bakar ke sistem pada saat engine dalam
keadaan masuk angin(engine hunting = sistem bahan bakar kemasukan udara
).
2. Fungsi dan Klasifikasi Fuel Filter.
Fungsinya fuel filter adalah sebagai penyaring kotoran yang ikut terbawa fuel bersirkulasi dalam fuel system.
Klasifikasinya ( Menurut standar ISO ) :
a. Platted Paper Element
b. Wire Mesh Filter
c. Metal Edge Filter
Menurut Standar ( SAE ) :
- Strainer
- Screen
- Filter; fine filter & Coarse filter
• Pengertian Filtering Area adalah luas bidang penyaringan sebuah filter.
• Arti Mesh dan Mikron
⇒ Mesh adalah jumlah pori-pori persatuan inch pangkat dua pada sebuah filter.
⇒ Mikron adalah besarnya diameter pori-pori sebuah filter.
3. Pompa injeksi bahan bakar ( Fuel Inejction Pump ).
Fungsinya adalah : Mensupply bahan bakar ke nozzle dengan tekanan
tinggi max 300 kg/cm2, menentukan jumlah bahan bakar yang disemprotkan
dan menentukan
timing penyemprotan. Setiap pemasanga fip baik baru
maupun bekas harus di lakukan kalibrasi timming injeksi yang sesuai.Hal
ini penting sekali karenakan jika tidak dikalibrasi/kalibarasi tapi
tidak tepat maka akan mengakibatkan nois atau bahkan masalah yang serius
pada kompanen engine pada umumnya kalibrasi start off injeksi pada fip
berkisar antara 10º - 25º BTDC,atau dapat kita lihat langsung standar
pada name plate enginenya.
4. Nozzle.
Fungsinya : Untuk mengabutkan atau menyemprotkan bahan bakar yang
dikirim dari FIP. Baik tidaknya pengabutan ditentukan dengan kekuatan
spring nozzle.
Untuk menaikkan atau menurunkan kekuatan spring dapat
dengan menambah atau mengurangi shim dan ada juga yang menggunakan
adjater screw.
B. MENGGUNAKAN INJECTOR.
Dewasa ini produk engine dari dunia automotive termasuk di dalamnya
teknologi engine alat berat hampir semuanya sudah mulai diterapkan
system high injeksi dalam hal ini mengunakan injector sebagai komponen
pengkabut fuel di ruang bakar tentu saja hal ini juga di pengaruhi
tuntutan global mengenai slogan “Low Emission/Ramah lingkungan” Selain
itu hasil dari kualitas pengkabutan injector pada high pressur dapat
menghasilkan campuran bahan bakar dan udara
yang lebih homogen sehingga dapat memaksimalkan prosses pembakaran yang lebih sempurna di ruang bakar.
Salah
satu kelebihan injector dibanding nozzle adalah kwalitas pengkabutanya
yang lebih lenbut dan homogen karena menggunakan pressure yang tinggi
bisa mencapai 25000 PSI, hal inilah yang mennyebabkan percampuran
partikel udara murni dan partikel fuel dengan cepat bercampur, sehingga
pembakaran yang terjadi diruang bakar lebih sempurna dan mengurangi efek
timbulnya jelaga.
Pada dasarnya nozzle dan injector mempunyai peranan yang sama yaitu bersama fuel system mensupplay bahan bakar ke ke ruang bakar. Akan tetapi untuk memenuhi perkembangan jaman yang semakin maju dan kepedulian terhadap pencemaran lingkungan maka pada unit atau engine sekarang hampir semua product terbaru menggunakan injector dengan kualitas injeksi atau pengkabutan yang lebih baik, karena didukung pressure yang tinggi serta elektrik sistem yang memadai sehingga dapat menghasilkan pembakaran yang lebih sempurna "Lebih bertenaga dan Ramah lingkungan".
FUEL SYSTEM
20.27
engine diesel
,
feed pump
,
filter
,
FIP
,
FUEL SYSTEM
,
Injector
,
Nozzle
,
Platted Paper Element
,
Screen
,
Strainer
Edit
-
0 komentar:
Posting Komentar